Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Perencanaan, Penganggaran dan Estimasi di RS (bagian kedua) – Firman Pribadi

Perencanaan, Penganggaran dan Estimasi di RS (bagian kedua)

Berikut adalah tulisan kedua dari tiga bagian tulisan mengenai keterkaitan Perencanaan, Penganggaran, Estimasi dan SPM di Rumsah sakit

Keterkaitan Perencanaan, Penganggaran, Estimasi dan SPM

  1. Rencana Strategis Bisnis

            Perencanaan Strategik berisi arahan organisasi dalam kurun waktu yang biasanya berisi jangka waktu lima tahunan, sementara penganggaran merupakan penterjemahan perencanaan strategik dalam kurun waktu tahunan. Penganggaran merupakan peta kegiatan unit kerja, karenaya penganggaran berisi formulasi perencanaan kegiatan dan pembiayaan, strategi implementasi, evaluasi dan proyeksi pengembangan kegiatan unit kerja bersangkutan. PMPK UGM (?) menyatakan bahwa bagi rumah sakit BLUD penganggaran atau RBA dibuat dengan mengacu pada perencanaan strategis lembaga (BLUD). Sesuai dengan bunyi Pasal 71 Permendagri No.61 Tahun 2007 ayat 1 disebutkan bahwa,“BLUD menyusun RBA tahunan yang berpedoman kepada renstrabisnis BLUD”.

            Dalam Renstra Bisnis memuat informasi mengenai visi, misi, strategi dan kebijakan organisasi yang kemudian dijabarkan dengan langkah-langkah tahunan yang dirumuskan dalam RBA berupa program kerja dan kegiatan tahunan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pembuatan RBA harus memperlihatkan urutan sasaran-sasaran strategis organisasi (corporate) seperti yang termuat dalam Renstra.

            RBA unit kerja BLUD dibuat berbasis akuntansi biaya dengan indikator kinerja yang diukur berdasarkan target kinerja (input, output,outcome).

            Sebagai rangkaian proses penyusunan perencanaan strategis, Rencana Strategis Bisnis dan RBA diharapkan memiliki benang merah dan saling sinergis satu dengan yang lain. Pada dasarnya penyusunan anggaran berbasis kinerja tidak terlepas dari siklus perencanaan, pelaksanaan, pelaporan/pertanggungjawaban atas anggaran itu sendiri. Rencana stratejik yang dituangkan dalam targe tahunan pada akhirnya selalu dievaluasi dan diperbaiki terus  menerus. selanjutnya keterkaitan Renstra dan RBA dapat dilihat melalui gambar berikut ini :

gambar-keterkaitan

Gambar 1. Keterkaitan antara berbagai aktivitas perencanaan organisasi (gambar diadopsi dari PMPK UGM)

            Siklus penyusunan rencana yang digambarkan berikut ini menunjukkan bagaimana anggaran tahunan digunakan sebagai umpan balik (feed back) dalam rencana stratejik secara keseluruhan. Berikut ini adalah gambaran keterkaitan perencanaan strategis dalam konsep manajemen stratejik sector Publik :

gambar-proses-ppe

Gambar2 Proses PPE sebagai Kinerja Manajemen bagi sektor Publik  (gambar diadopsi dari PMPK UGM)

  1. Daftar Pustaka

Livingstone J. L., (1993), “The Portable MBA in Finance and Accounting

Nowicki M., (2008), “ Financial Management of Hospital and Healthcare Organizations 4th edition”. Health Administration Press Chicago,IL.

O’Mahony, J., Lyon, J., (2015), Planning, Budgeting and Forecasting: An eye on the future, A KPMG and ACCA Thought Leadership Report

PMPK UGM (?), Modul 1, Modul Pelatihan PMPK FK UGM, Rencana Bisnis dan Anggaran

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*